Wednesday, October 8, 2008

Mellya Handayani

PROVOKASI PIKIRAN
Bedah Buku
Wednesday, 23 July 2008
http://bahanamahasiswa.org/index.php?option=com_content&task=view&id=430&Itemid=2


Mungkin ketika mendengar kata provokasi anda langsung berpikir tentang cara mempengaruhi pemikiran seseorang. Provokasi secara harfiah berarti menyulut. Prasetya M. Brata sang penulis buku yang berjudul Provokasi bisa menyulut api pikiran anda. Kisah-kisah kecil dan sederhana dirangkumnya menjadi sebuah pemikiran, langsung dapat kita simpulkan sendiri. Kalimat sederhana dan mudah dicerna, bisa membuat anda mudah tuk memahami setiap rangkaian peristiwa. Alur ceritanya pun sangat runut.

Manusia dalam pandangan Brata, dinilai dalam bentuk pengalaman pribadinya. Peristiwa yang biasa terlewatkan begitu saja oleh sebagian orang, malah dimaknai dengan sangat rinci oleh Brata. Seperti prasangka kita terhadap orang lain yang seharusnya tak perlu ada dalam pikiran kita. Atau kisah-kisah pilihan hidup dan resiko pekerjaan yang sering kita anggap sebagai musibah malah berubah menjadi anugerah. Hal itu menurutnya tidak mesti disikapi dengan buruk bahkan menjadi beban pikiran manusia.

Buku ini mendeskripsikan tentang realita peristiwa dengan pemikiran yang berkecamuk dalam manusia. Ia menamainya “Internal Pemikiran”. Meski pengalaman yang disajikannya berbeda, namun tetap dalam satu benang merah.

Sayang buku ini hanya berhenti pada pemikiran deskripsi yang ia rasakan saja. Sehingga pembaca hanya digiring ke dalam peta internal pemikiran sang pengarang buku.

Dalam buku ini ia berpesan, bahwa setiap pemikiran buruk yang ada dalam pikiran kita, merupakan ciptaan yang berasal dari diri kita sendiri. Provokasi juga menyadarkan bahwa peta internal manusia berada dalam diri manusia tersebut. Selamat membaca!

No comments: